Bibit Jengkol – Orang Indonesia mana sih yang tidak tau sama jengkol, makanan khas yang sudah terkenal ini masuk kedalam keluarga kacang polong (Fabaceae), buahnya gepeng mirip spiral, warnanya kuning lembayung, kulit buah jengkol warnanya coklat mengkilat kehitam-hitaman.

Buah jengkol bisa diolah menjadi beraneka masakan yang luar biasa enaknya, namun setelah dicerna bisa membuat bau tidak sedap ketika buang air atau bernafas,  selain menimbulkan bau tak sedap, apa saja sih manfaat jengkol bagi tubuh kita? Mari kita bahas.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Manfaat jengkol – Berikut ini manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh kita:

  • Membentuk Jaringan Tubuh yang Rusak
    Menurut penelitian menyebutkan ternyata kandungan protein jengkol lebih tinggi dibanding dengan kacang-kacang lain seperti kacang hijau atau kedelai. Protein nabati diketahui dapat membantu pembentukan jaringan tubuh.
  • Membantu Mencegah Anemia
    Jengkol ternyata kaya akan zat besi, bagi yang kebetulan sering menderita kekurangan darah atau anemia, cobalah mengkonsumsi jengkol agar suplai zat besi pada tubuh menjadi lancar yang berimplikasi mencegah terjadinya anemia.
  • Membantu mencegah tulang keropos
    Zat lain yang terkandung dalam jengkol adalah fosfor dan kalsium, yang dikenal sangat dibutuhkan tulang, zat ini bermanfaat membantu mencegah keropos pada tulang, sering mengkonsumsi jengkol
    secukupnya bisa buat tulang kita lebih kuat.
  • Menangkal Seranagan Radikal Bebas
    Buah jengkol memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2 dan vitamin B1. Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin A dan C merupakan zat yang aktif membantu menahan serangan rakidal bebas.
  • Melancarkan BAB
    Bagi yang sering sulit buang air besar cobalah mengkonsumsi jengkol, kandungan serat yang tinggi pada jengkol mampu melancarkan buang air besar.
  • Membantu Mencegah Diabetes
    Jengkol mempunyai salah satu zat yang hanya terdapat pada buah ini, namanya asam jengkolat, asam ini berupa kristal yang tidak akan larut oleh air, zat ini mampu mencegah penyakit diabetes.

Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat yang dihasilkan jengkol, rasanya akan lebih baik jika kita mencoba menanamnya sendiri kan?  Mari kita bahas cara dan panduan budidaya bibit jengkol.

Bibit Jengkol – Panduan Budidaya Jengkol

Bibit Jengkol – Dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah jengkol dengan lebat jika memenuhi syarat-syarat tertentu, berikut ini kami akan mendeskripsikan langkah demi langkah panduan lengkap budidaya bibit jengkol:

Pemilihan Lahan Tanam Jengkol
Bibit jengkol atau tanaman jengkol merupakan tumbuhan asli asal daerah tropis, maka sebetulnya mencari lahannya terbilang mudah, kita cukup mencari daerah dataran rendah dan dekat dengan sumber air, pastikan daerah tersebut tersinari matahari karena bibit jengkol sangat butuh banyak sinar matahari. Terakhir perhatikan kadar kelembaban wilayah yang akan ditanami bibit jengkol.

Memilih Musim Tanam Bibit Jengkol
Ketika kita akan mulai budidaya bibit jengkol jangan lupa untuk memperhatikan kalender musim, hal ini akan berefek pada masa tanaman ini berbuah atau masa panen.
Sedikit saran, tanamlah bibit jengkol ketika musim hujan, pasalnya saat musim hujan kita tak perlu khawatir jika bibit yang ditanam mengalami kekeringan, selain itu bibit jengkol sudah mulai berkembang dan beradaptasi dengan kelembaban lingkungan.
Selain soal kelembaban, tanaman jengkol akan tumbuh dan berbuah lebih cepat jika kita tanam saat musim hujan.

Pembibitan Jengkol dan Penanaman
Pembibitan tanaman jengkol dapat kita lakukan dengan dua cara, cara generatif dan cara vegetatif, mari kita bahas satu persatu.
Pembibitan jengkol menggunakan metode generatif:

  • Pilih buah jengkol yang dianggap berkualitas
  • Siapkan media tanam berupa kantong plastik atau polybag berisi tanah atau media lainnya.
  • Tanamkan biji buah jengkol pada media tanam yang tadi telah disiapkan
  • Siram secara teratur (tak perlu tiap hari) sampai biji buah jengkol timbul kecambah pada media tanam tersebut
  • Setelah dirasa bibit jengkolnya tumbuh besar, maka pindahkan ke lahan.

Pembibitan jengkol menggunakan metode vegetatif okulasi:

  • Pertama, kita mesti menyiapkan bagian batang bawah, bisa menggunakan bibit jengkol hasil penyemain generatif atau yang tumbuh secara liar.
  • Kami anggap kita sudah memiliki bibit jengkol hasil cangkok ya, jadi siapkan bibit jengkol hasil cangkok
  • Siapkan media tanam polybag yang berisi tanah
  • Sayat bibit jengkol hasil generatif dan bibit jengkol hasil cangkok dengan ukuran yang sama
  • Lalu tempelken ikat keduanya dengan menggunakan tali, fungsinya agar dapat menyatu dengan rapat.
  • Tanam ke dalam media polybag.

Namun, Jika ingin mudah mendapatkan bibit jengkol berkualitas terbaik, silahkan memesan pada kami https://rumahtanaman.com/produk/jengkol/

Penanaman Bibit Jengkol di Lahan

Siapkan lubang kurang lebih 40cm x 40cm x 40cm pada lahan yang telah disiapkan. Isi lubang dengan pupuk organik atau pupuk kandang kurang lebih 2/3-nya, kalau bisa biarkan dulu satu bulan, pembiaran dilakukan agar pupuk meresap, yang berimplikasi menambah unsur hara.

Setelah satu bulan, siapkan bibit jengkol yang akan dipindahkan ke lubang tanam, lepas polybag pada bibit jengkol, tanam secara perlahan, tutup lubang dengan tanah sekitar (bekas galian awal).

Tanaman jengkol tak butuh perawatan yang begitu istimewa, cukup perhatikan dan bersihkan gulma, lalu setelah pohon berusia 6 bulan lebih maka kita bisa lakukan pemupukan.

Jual Bibit Jengkol

Jual Bibit Jengkol – Setelah kita mengetahui berbagai hal yang mesti dipersiapkan untuk mulai budidaya jengkol, maka langkah selanjutnya mencari tempat yang jual bibit jengkol berkualitas.
Rumahtanaman.com merupakan tempat yang menyediakan berbagai bibit jengkol berkualitas dan unggulan.

Detail Bibit Jengkol Yang Kami Jual:

  • Nama Ilmiahnya : Archidendron pauciflorum
  • Bibit Jengkol Hasil: okulasi, stek dan generatif
  • Kami menanam bibit jengkol di dataran rendah yang bersuhu panas sekitar 30-35c
  • Kami tanam agar bibit jengkol terkena sinar matahari sepanjang hari
  • Bibit jengkol diperkirakan akan berbuah dalam kurun 3 – 5 tahunan
  • Ukuran polybag sekitar lebih dari 60cm
  • Media Tanamnya kami gunakan tanah yang berhumus
  • Penyiraman dilakukan 1 kali sehari
  • Tinggi bibit jengkol sekitar 60-70 cm

Rekomendasi Pencarian Artikel Terpopuler :

Bibit Mangga Harumanis, Klik disini

Jual Bibit Sawo Malaysia, klik disini

Bibit Jambu Air Dalhari, Klik disini

Mangga Sensation, Klik disini

Mangga Emperor, Klik disini

Mangga Chokbabun, Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *