Mengenal Manga Irwin

  • Nama Ilmiahnya : Mangifera indica
  • Asal Muasal Nenek Moyang : Australia
  • Sifat-sifat dan Keunggulan Buah Mangga Irwin : warnanya merah keungu-unguan. Sedap dipandang, selain itu rasanya lain dari buah mangga lainnya yaitu perpaduan antara rasa manis dan rasa cinta.
  • Sifat-sifat dan Keunggulan Bibit Mangga Irwin : Menanam Bibit Buah Mangga Irwinnnya praktis, bisa di lahan juga di tambulapot. Lebih cepat berbuah dan beradaptasi. Tahan Hama.
  • Umur Bibit Akan Berbuah : Kira-kira 2 – 3 tahun
  • Cara Pembibitan : Bibit Tersedia dari Hasil Okulasi
  • Tabulampot Mangga Irwin : Sangat Bisa
  • Tanah Biasa : Sangat Bisa

Bibit mangga irwin sekarang sudah mulai populer untuk dibudidayakan di tambulapot, banyak yang membudidayakannya karena ketika berbuah, warna unggu mangga irwin ini begitu eksotik serta punya kecantikan yang alami dan sedap dipandang mata.

Buahnya yang berwarna unggu ini menjadi ciri khas, karenanya mangga irwin pun sering disebut dengan mangga ungu. Bibit mangga irwin begitu dicari dan laku dipasaran, sehingga banyak juga yang jual bibit mangga irwin, para pedagang ini menjual bibitnya dengan menawarkan harga yang begitu beragam, semakin mahal biasanya semakin bagus kualitas batang dan besar-besar.

Mangga irwin ini memiliki ukuran buah yang lumayan besar bisa mencapai 500gr perbuah. Buah mangga jenis ini memiliki tekstur daging agak padat berair dan berserat halus serta ada kandungan tepungnya. Rasa manisnya memiliki kadar gula kurang lebih 12-15′ briks, ketika dikonsumsi rasanya akan memenuhi rongga mulut dan berakhir dengan sensasi asam yang terasa di samping dan belakang lidah.

Manfaat Mangga Irwin

Buah Mangga Irwin mempunyai kandungan vit C yang amat tinggi, sangat bermanfaat sebagai anti oksidan yang berfungsi menjaga dan meningkatkan daya tahan dalam tubuh. Kandungan serat pada buah mangga ini membantu melancarkan organ dan saluran pencernaan. Selain vit C dan serat, Mangga Irwin pun mempunyai zat potassium,asam nikotinik dan zat besi yang berguna sebagai melawan atau mencegah serangan kanker.

Beberapa manfaat lainnya buah Mangga Irwin:

  • Berguna untuk mengatur kadar gula darah sehingga amat disaran untuk dikonsumsi sebagai pengganti gula oleh penderita diabetes.
  • Membantu memperbaiki dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Membantu mencegah osteoporosis.

Sejarah Mangga Irwin

Mangga irwin ketika masa-masa awal beredar di tanah air tidak begitu populer, saat itu yang populer dan sering dijumpai di pasaran adalah mangga arumanis dan mangga manalagi, padahal bibit mangga irwin masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 70-an, mungkin saat itu belum banyak petani lokal yang mengembangkan dan men jual bibit mangga irwin.

Namun sekarang banyak sekali yang mulai membudidayakan jenis mangga ini, disamping karena warnanya unik namun mungkin banyak yang tertarik karena harga bibit mangga irwin di pasaran terbilang standar, murah, dan praktis karena bisa ditanam di dalam pot (tabulampot mangga irwin).

Asal Muasal Mangga Irwin

Mangga irwin ini meskipun warna unik dan eksotik namun rasanya tetap manis, teksturnya berserat dan warna dagingnya merah keungu-unguan, rasa mangga ini jika kita cicipi dan bandingkan dengan mangga lain sangat berbeda. Keunikan rasa dan warnanya inilah yang menjadikan para pecinta buah memilih mangga irwin sebagai salah satu primadona.

Mangga irwin atau mangga ungu asal muasalnya dari negara Australia meskipun begitu banyak juga yang taunya bahwa mangga ini dari Taiwan. Di Indonesia sendiri mangga Irwin sudah banyak dikembangkan sekaligus dibudidayakan, beberapa daerah yang sudah membudidayakannya yaitu; Pasuruan, Majalengka, Bandung, Bekasi, Situbondo dan Karawang.

Tahan Terhadap Gangguan Hama

Pohon mangga irwin termasuk kategori tanaman yang mudah untuk dibudidayakan selain itu ternyata tanaman ini tahan terhadap beberapa jenis gangguan hama.

Memerlukan Sinar Matahari Penuh

Seperti pada umumnya tanaman buah lainnya pohon mangga irwin mesti terkena matahari penuh, karena jika kurang tersinari matahari, nanti warna unggu buahnya akan sedikit memudar. Jika begitu, keelokan dan keeksotisan buah ini jadi tidak muncul sempurna dan bahkan jadi kurang menarik. Salah satu trik mengatasinya adalah dengan sering memotong cabang-cabang pohon, dengan begitu warna unggunya akan datang sempurna.

Membeli Bibit Mangga Irwin Berkualitas

Jika kita memutuskan untuk mulai membudidayakan mangga irwin maka sebaiknya membeli bibit mangga irwin pada penjual terpercaya dan berpengalaman, jangan tergiur dengan harga yang murah karena belum tentu kualitasnya baik.

Rumahtanaman.com menyediakan beragam aneka bibit buah berkualitas, kami pun menjual bibit mangga irwin hasil okulasi, indukan mangga kami rasanya manis dan sangat terlihat estetik buahnya, tak perlu ragu untuk memesan bibit buah pada kami.

Proses Pemeliharaan Bibit Mangga Irwin agar Berbuah dan Sehat

Setelah kita membeli bibit mangga irwin maka langkah selanjutnya adalah proses pemindahan bibit, kita bisa pilih apakah akan ditanam di dalam pot (tambulapot mangga irwin) atau kita tanam di lahan biasa. Prinsip keduanya hampir sama, namun pembahasan dibawah ini akan fokus pada penanaman di lahan biasa;

  • Langkah pertama memilih lahan tanam, perhatikan lahan yang akan kita tanam, baiknya bibit mangga ditanam di area yang mempunyai suhu berkisar antara 30-35 derajat Celsius. Tanahnya subur, gembur dan yang terpenting tersinari matahari sepanjang hari.
  • Langkah kedua membersihkan area dan membuat lubang tanam. Bersihkan area yang akan ditanami bibit mangga dari batu, sampah plastik dan tanaman pengganggu yang berpotensi menghambat pertumbuhan tanaman. Setelah itu, gemburkan tanah dan buatlah lubang dengan ukuran 55cmx55cmx55cm, taburkan kompos kurang lebih 2kg di area sekitar lubang, diamkan lubang kurang lebih 7 harian.
  • Langkah ketiga pemindahan bibit mangga irwin dari polybag ke lubang yang telah disiapkan, buka terlebih dulu plastik polybagnya secara perlahan agar tidak merusak akarnya, kemudian masukan kedalam lubang tepat di bagian tengahnya secara tegak, tutup lubang dengan tanah yang dicampur pupuk kompos kemudian padatkan dan siram dengan air.
  • Langkah keempat proses penyiraman dan pemupukan, penyiraman dilakukan minimal sehari sekali jika sedang musim panas/kering. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk NPK daun cukup sebulan sekali, kita bisa menambah dosisnya seiring bertambah usia pohon mangga irwin.
  • Langkah terakhir memeriksa area tanaman, pastikan gulma atau tanaman pengganggu lainnya kita bersihkan secara rutin, pembersihan dilakukan minimal sebulan sekali

Jika kita ingin menanam Mangga Irwin Dalam Pot (tabulampot mangga irwin) maka gunakanlah pot berdiameter 60 cm kemudian gunakan media tanam campuran tanah dan kompos. Semakin besar pot semakin bagus pula. Untuk cara memeliharanya hampir sama seperti penjelasan diatas.

Cara Mempercepat Pembuahan Bibit Mangga Irwin

Agar buah mangga yang kita tanam lebih cepat panen berikut ini cara mengakalinya:

  • Pemberian Kapur dan Kalium

Bibit Mangga Irwin perlu kalium dan posfat agar berbuah. Tanaman Mangga Irwin juga membutuhkan kalsium, karena itu gunakanlah kapur pertanian yang terdapat kandungan kalsium didalamnya. Unsur lain yang dibutuhkan adalah nitrogen, sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan.

  • Teknik Stress Air

Kita bisa gunakan teknik stress air agar tanaman cepat berbuah, berikut langkahnya:

  • Biarkan media kering selama seminggu tidak disiram (hari 1-7)
  • Kemudian selama 2-3 hari (hari ke-8 s.d hari ke-10) disiram sedikit air
  • Setelah hari ke-10 beri pupuk NPK
  • Hari ke-11 akan muncul tunas baru yang dibarengi muncul bunga. Setelah bunga muncul siram seperti biasanya.

Catatan, mesti hati-hati menggunakan teknik ini, salah-salah tanaman bisa mati.

  • Penyiraman Intens Ketika Mangga Berbunga

Seringlah menyiram pohon mangga irwin jika sedang musim berbunga untuk menjaga jangan sampai kering. Untuk mencegah buah dan bunganya rontok kita gunakan pupuk daun yang mengandung unsur K, P, Fe dan Mg yang tinggi.

Panen Buah Mangga Irwin

Masa panen adalah masa yang kita tunggu, pohon mangga irwin akan berbuah ketika 3 tahun pasca pemindahan dari polybag, disarankan untuk memamen buah mangga irwin ketika buah belum terlalu matang, karena buah ini rasa dan kualitasnya jauh lebih baik jika matang setelah dipetik (didiamkan/dipeyeum) dibanding matang di pohon.

Rekomendasi Pencarian Artikel Terpopuler :

Bibit Mangga Harumanis, Klik disini

Miracle Fruit, Klik disini

Jeruk Dekopon, Klik disini

Bibit Durian Merah, Klik disini

Durian Musangking, Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *