Matoa merupakan jenis tanaman berbuah yang sangat khas dan berasal dari Papua, tanaman ini termasuk ke dalam golongan pepohonan “besar”, matoa bisa mencapai ketinggian 18 meter dan diameter sampai maksimum 100cm. Meskipun terkenal karena berasal dari Papua ternyata tanaman ini juga terdapat di daerah Maluku, Sulawesi dan Papua New Guinea.

Syarat Tumbuh

Matoa dapat tumbuh dengan maksimal jika kondisi tanahnya kering tidak tergenang air, namun tanaman ini menyukai area dengan dataran rendah yang ketinggiannya kurang lebih 1200 mdpl. Meskipun membutuhkan tanah kering, ternyata matoa tergolong tanaman yang memerlukan banyak air siraman atau air hujan, curah hujan yang lebih dari 1200 mm/tahun sangat disukai tanaman ini.

Jenis Matoa

Matoa terkenal memiliki 2 jenis tanaman, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda, matoa kelapa memiliki buah yang mirip dengan rambutan Aceh terutama daging buahnya yang kenyal, sedangkan Matoa Papeda memiliki buah yang lengket dan agak lembek diameternya antara 1-2cm.

Manfaat Buah Matoa

Matoa memiliki buah yang sangat enak dan kaya akan manfaat kesehatan, berikut ini manfaat kesehatan yang diperoleh dari buah matoa:

  • Dapat membantu meningkatkan stamina tubuh.
  • Membantu pencegahan penyakit jantung koroner.
  • Kaya akan antioksidan, mencegah radikal bebas.
  • Membantu mencegah penuaan dini.
  • Memperbaiki sekaligus menjaga kesehatan kulit.
  • Mencegah dan meredakan stress
  • Mengatasi dan membantu penyembuhan sakit wasir dan ambeien
  • Membantu mempelancar pencernaan.
  • Sangat baik baik kesehatan kulit wajah, mencerahkan, melembabkan sekaligus mencegah timbulnya jerawat.
  • Membantu mencegah datangnya sel kanker ganas.
  • Mempercepat keringnya luka.

Setelah mengetahui manfaatnya maka tak ada salahnya jika kita coba untuk membudidayakan tanaman buah ini, karena ternyata buah matoa ini selain kaya akan manfaat tapi juga cukup dicari di pasaran, sehingga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi yang lumayan. Budidaya tanaman ini bakal membuat kita terkejut, pasalnya produktifitas buahnya cukup tinggi dan lebat.

Bibit Matoa – Panduan Budidaya Matoa

Dalam panduan budidaya matoa ini ada beberapa hal yang akan kita bahas, mulai dari masa tanam, budidaya bibit matoa dan panduan memelihara. Mari kita bahas satu persatu.

Masa Tanam dan Masa Panen

Matoa memang butuh tanah kering tapi sebetulnya tanaman ini dapat dibudidaya dan tumbuh di wilayah  mana saja di Indonesia, jadi kita tidak perlu khawatir. Masa tanam ke masa panen pohon matoa bisa sampai beberapa tahun. Nah enaknya saat panen buah matoa, bisa berbuah hingga dua kali dalam setahun, yaitu saat Idul Fitri dan tiga bulan setelahnya, panen pertama lebih banyak dari panen kedua.

Langkah Budidaya Bibit Matoa

Bibit Matoa – dapat dibudidayakan melalui dua teknik yaitu teknik vegetatif dan generatif, cara vegetatif umumnya menggunakan metode cangkok, sedangkan generatif menggunakan dengan cara menanam biji buah matoa.

Metode persemaian bibit matoa secara generatif terbilang susah susah gampang, kita bisa menanam bijinya pada media tanam polybag yang isinya tanah subur, pupuk organik dan kapur. Nah, yang bikin susahnya adalah perawatannya, karena bibit matoa yang berasal dari metode persemaian sangat sensitif akan perubahan lingkungan, jika tidak dirawat secara telaten maka akan merusak pertumbuhan tanaman matoa.

Sebetulnya agak ribet jika kita mesti menyiapkan bibit secara generatif, karena menghabiskan waktu juga tenaga, lebih baik jika memesan bibit yang sudah jadi dan berkualitas, sehingga kita bisa fokus pada hal lain yang tak kalah penting seperti perawatan dan masa panen.

Rumahtanaman.com menyediakan dan menjual bibit matoa sehingga sangat cocok digunakan sebagai budidaya, tanaman dari kami sangat terjamin kualitasnya karena berasal dari indukan yang berkualitas.

Persiapan Lahan Tanam, Lubang Tanam dan Proses Penanaman

Siapkan terlebih dulu lahan yang akan digunakan, kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm, jika kita berniat budidaya matoa lebih dari satu maka buatlah jarak antar lubang hingga 6×6 meter. Isi lubang tersebut dengan pupuk organik/kandang dan kapur, biarkan selama sebulan agar unsur haranya terserap dalam tanah.

Setelah lubang siap maka langkah selanjutnya memindahkan bibit matoa ke dalam lubang, saat proses ini kita mesti super hati-hati, buka plastik polybag secara perlahan usahakan jangan sampai akar dan media tanamnya rusak, masukan ke dalam lubang, kemudian tutup dengan tanah sekitar.

Saat proses penanaman sangat disarankan dilakukan menjelang musim penghujan, pasalnya bibit matoa akan banyak tersiram air dan kita tak perlu repot melakukan penyiraman, namun jika penanaman dilakukan saat musim kemarau maka sebaiknya siram tanaman 1-2 kali sehari.

Pemeliharaan Matoa

Matoa termasuk ke dalam kategori tanaman yang mudah untuk dirawat, karena tanaman ini tahan terhadap serangga sehingga tidak terlalu banyak hama dan penyakit yang menyerang tanaman ini, namun jika ada hama menggangu maka gunakanlah pestisida organik atau pestisida kimia secara bijak.

Tanaman matoa ketika berbunga merupakan tanda bahwa dalam waktu 2-3 bulan akan berbuah, untuk menghindari buah diganggu hama maka gunakanlah jaring pelindung tanaman, kami sarankan untuk tidak menggunakan plastik karena buahnya nanti akan cepat busuk.

Bagaimana? tertarikkah untuk budidaya buah matoa?

Jual Bibit Matoa Berkualitas

Rumahtanaman.com menjual bibit matoa berkualitas karena proses pembibitan yang kami lakukan melibatkan ahli tanaman dan para pakar lulusan Institut Pertanian Bogor. Kami menyeleksi dengan ketat bibit matoa yang dijual sehingga yang dipilih adalah bibit berkualitas, cukup umur dan siap tanam.

Kami memberi jaminan berupa garansi apabila bibit yang dikirim mati diperjalanan maka akan kami ganti, selain itu jika memang perlu bisa kami mintakan sertifikat keaslian varietas bibit matoa dari Departemen Pertanian.

Rumahtanaman.com melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, selain itu jika memesan lebih dari 1000 bibit maka akan kami berikan potongan harga lebih murah sekaligus pelatihan dan konsultasi gratis.

Anda bisa bertanya mengenai bibit matoa yang akan dipesan, baik soal kendala lingkungan dan kendala internal. Kami akan dengan senang hati menjawab dan memberi solusi untuk anda, tak perlu sungkan dan ragu, silahkan hubungi sales marketing kami.

Jual Bibit Matoa – Deskripsi Produk

Spesifikasi Bibit Matoa:

  • Nama latinnya Pometia pinnata
  • Asal buah dari Provinsi Papua
  • Sifat keunggulan buah: Buah ini jika dibudidayakan dibeberapa lokasi mempunyai rasa yang lebih manis dan dagingnya pun tebal umumnya Bibit Matoa yang tumbuh di daerah Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya. Tanaman Matoa yang asal Papua umumnya ditanam dan dibudidayakan di kota seperti Bandung, Jogja, Bogor, Surabaya, Semarang, Jakarta dan juga daerah lainnya.
  • Sifat Keunggulan Bibit Matoa yang kami jual : Dapat anda Tanam Di Pot atau di tanah langsung dengan hasil yang mengejutkan, baiknya anda tanam diketinggian 20-400 meter dpl. Produksi Bibit Matoa menjadi tanaman buah jauh lebih menonjol dibanding menjadi bahan bangunan.
  • Umur Bibit Kami jika Berbuah: Sekitar 3 – 4 tahun setelah proses perawatan
  • Cara pembibitan : Biji generatif
  • Tanah biasa : Sangat Bisa

Rekomendasi Pencarian Artikel Terpopuler :

Bibit Mangga Harumanis, Klik disini

Miracle Fruit, Klik disini

Jeruk Dekopon, Klik disini

Bibit Durian Merah, Klik disini

Durian Musangking, Klik disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *