Berikut adalah kumpulan tanya jawab konsumen dengan www.jambukristal.com

 

Apakah jambu kristal itu?

Jawab: Jambu kristal (Psidium Guava sp) adalah jambu biji kualitas super, rasanya manis dan renyah, dan hampir tak berbiji (kurang dari 3 persen dari buah). Bobotnya bisa mencapai 500 gram per buah, bahkan ada yang mencapai 900gram. Disebut kristal karena warna daging buahnya yang jernih dan bersih seperti kristal.  Kulitnya hijau terang dilapisi lilin yang cukup tebal, sehingga sulit ditembus hama. Jambu kristal berbentuk bulat agak gepeng dan bisa berbuah sepanjang tahun. Pada umur 2 tahun lebih jambu kristal ini bisa berproduksi minimal 2kg/minggu.

 

Apa kelebihan bibit jambu kristal ini?

Jawab: Kelebihan bibit yang kami jual adalah hasil cangkokan indukan awal yang diperkenalkan oleh Misi Teknik Taiwan ke IPB. Hasil cangkokan ini sudah memiliki putik sehingga berbuah lebih cepat, mulai bulan ke-tujuh sejak ditanam.

 

Berapa harga bibit jambu kristal?

Jawab: Harga mulai dari Rp 35.000/batang untuk pembelian eceran.

 

Bagaimana bentuk kemasan bibit jambu kristal tersebut?

Jawab: Bibit Jambu setinggi 25 cm-35cm dengan usia sebulan kami kemas dengan polybag sedang/kecil, dengan media tanam campuran sekam dan pupuk kandang

 

Apakah www.jambukristal.com melayani pembelian dalam partai besar ?

Jawab: Benar, kami melayani pembelian dalam partai besar selama persediaan barang masih ada dan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli.

 

Apakah www.jambukristal.com juga melayani pembelian secara offline ?

Jawab: Ya, kami juga melayani pembelian secara offline.

 

Apakah www.jambukristal.com hanya melayani pembayaran lewat transfer bank ?

Jawab: Tidak, kami juga melayani pembayaran kontan pada pembelian secara offline.

 

Jika ternyata barang yang dibeli dari www.jambukristal.com ada cacat, apakah bisa ditukar ?

Jawab: Bisa, bahkan kami memberikan garansi uang kembali apabila bibit jambu kristal yang Anda beli mandul, dengan ketentuan Anda telah mengikuti saran-saran kami dalam hal metode penanaman, media dan pemeliharaan.

 

Apa saja yang dijual oleh www.jambukristal.com selain bibit jambu?

Jawab: Kami juga menjual tanaman buah dalam pot (tabulampot) jambu kristal usia 6 bulan dengan tinggi 70 cm-80 cm dan sudah berbuah, harganya Rp 250.000/batang. Saat ini masih ada stok sekitar 100 batang. Selain itu kami juga menjual pupuk jambu kristal, pupuk organik berkualitas tinggi produksi Jimmy Hantu.

 

Bagaimana cara memelihara jambu kristal?

Jawab: Berikan pupuk pada saat tanam pohon.    Jaga tanah pada kondisi lembab dengan cara menyiram dengan air seperlunya.    Potonglah setiap cabang atau daun yang tumbuh di daerah pohon lokal agar batang kuat menahan buah.       Setelah panen daun dirompes untuk merangsang tumbuhnya daun muda.      Letakkan pohon di tempat terbuka. Pohon jambu kristal sebaiknya ditanam dalam jarak 3×4 m2, untuk memperoleh hasil maksimal. Dengan ukuran ini, dalam satu hektare lahan bisa ditanam hingga 800 pohon.

 

Apa nama hama jambu kristal dan bagaimana memberantasnya?

Jawab: Hama yang perlu diwaspadai pohon jambu kristal ini adalah lalat buah dan kutu putih. Gunakan  insektisida organik untuk menghalau hama tersebut. Buah jambu biji dibungkus setelah dilakukan penjarangan. Perlakuan ini akan mempertinggi kualitas buah dan melindunginya dari serangan lalat buah. Walaupun begitu, karena digunakan kantong plastik yang akan mengembunkan uap air di dalamnya, buah harus dipanen dalam keadaan masih hijau untuk mencegah pembusukan. Bisa  digunakan kantong kertas untuk keperluan tersebut.

 

Bagaimana cara memesan bibit jambu kristal?

Jawab: Anda bisa mengirim SMS atau telepon ke nomor 0812 8342 7293, selanjutnya Anda akan mendapat informasi berkaitan dengan hal tersebut