• Nama Latin : Psidium Guajava
  • Asal buah : Taiwan
  • Sifat dan Keunggulan buah : mempunyai biji sangat sedikit, dagingnya renyah mirip buah pear,  rasa manis sekali dibanding jambu biji biasa, memiliki kandungan vitamin A yang  cukup tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata
  • Sifat dan keunggulan bibit : Tanaman Buah Jambu Biji Kristal sangat mudah dibudidayakan, dan karena dalam waktu hanya sekitar delapan bulan tanaman jambu kristal sudah bisa berbuah dan buahnya bisa mencapai berat 0,9 kilogram. Selain bisa ditanam di areal perkebunan, batangnya juga bisa dibudidayakan dalam pot ‘tabulampot’
  • Cara Pembibitan : Cangkok
  • Umur Berbuah : 1  tahun
  • Tabulampot  : Bisa
  • Tanah biasa : Bisa

Cara Pemeliharaan :

  • Apabila ingin panen sepanjang tahun maka ketika musim kering anda harus selalu mengairinya dan juga memangkas daun secara ringan dan berulang-ulang untuk memicu pucuknya agar bisa berproduksi sepanjang tahun.  Apabila panen hendak didaurkan maka perlu diberikan pupuk dasar setelah panen, dan ditambahkan pupuk daun dalam dosis kecil, dengan komposisi 1,6% N, 1,4% K, 0,26% P, 0,3% Mg, dan 1,25% Ca. Untuk pohon muda yang nampak subur cabang utama bisa anda bengkokan ke bawah lalu dipangkas untuk merangsang tunas agar segera bersemi.
  • Ketika musim awal berbuah, potonglah cabang yang subur agar terbentuk struktur pohon terbuka. Apabila pohonnya berbuah sangat baik, maka cabangnya akan cepat dewasa, lalu cabang yang menggantung dipotong supaya tinggal ranting yang muda.
  • Setelah dilakukan penjarangan, bungkuslah buah jambu tersebut agar kualitasnya lebih bagus serta untuk melindungi dari serangan lalat buah dan petiklah buah dalam keadaan yang masih hijau agar tidak segera terjadi pembusukan.

Deskripsi

  • Jambu Kristal tentunya sudah tidak asing terdengar di telinga kita bahwa jenis jambu yang juga sering disebut jambu biji ini merupakan salah satu jenis jambu yang lezat dan juga populer di kalangan masyarakat, tak hanya Indonesia bahkan juga di dunia.  Jambu kristal ini secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu jambu kristal dengan biji dan isinya berwarna merah dan juga yang memiliki isi atau biji berwarna putih.
  • Keduanya sangat nikmat disantap, perbedaanya hanya terdapat pada warna dan teksturnya saja, kandungan gizi dan mineralnya pun tidak jauh berbeda satu sama lain, untuk memperoleh jambu Kristal ini pun sangatlah mudah Anda dapat menemukan jambu Kristal di pasar tradisonal hingga supermarket besar.

Artikel

  • Jambu kristal dengan sudah banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan selain dikomsumsi langsung dengan rasa yang lezat. Tanaman jambu kristal ini banyak tumbuh di negara-negara Asia. Dengan bentuk buah yang bundar, warna buahnya hijau atau kuning apabila sudah masak, dagingnya berwarna merah atau putih, ada sedikit biji yang kecil-kecil dan keras dengan di selimuti oleh zat lembut seperti bubur yang rasanya manis. Dengan mengkomsumsi langsung baik yang sudah masak atau setengah matang atau yang sudah di olah menjadi selai dan jelly.
  • Sosok kristal memang menggiurkan, bobot rata-rata 500 gram bahkan ada yang mencapai 900 gram. Jika di bandingkan dengan jambu sukun lokal yang berukuran kira-kira sebesar Apel malang, bentuk kristal simetris sempurna, kulit hijau yang mulus dilapisi lilin yang cukup tebal, lapisan lilin membuat buah sulit ditembus hama, warna daging buah putih dengan tekstur renyah saat hampir matang dan empuk saat di puncak kematangan.
  • Tak sekadar buah yang istimewa, sosok tanaman dan daun relatif lebih besar ketimbang jambu biji lain. Tekstur daun pun lebih kaku, pantas kalau jambu kristal lebih tahan gangguan kekeringan dan hama penyakit. Ukuran bunga juga lebih besar dibanding jambu sukun lokal, itu jadi indikasi ukuran buah yang memang jauh lebih besar.
  • Pohon yang diperoleh dari bibit cangkokan membentuk tajuk membulat, cabangannya banyak, sehingga tak perlu dipangkas lagi untuk menghasilkan banyak cabang.  Pemangkasan hanya sekadar untuk merapikan bentuk tajuk, banyak cabang berarti banyak pula buah, karena dompolan bunga muncul di setiap ujung cabang yang membuat jambu kristal berbuah sepanjang tahun.  Jambu Kristal masuk ke Indonesia melalui Taiwan Technical Mission-yang dulu pada tahun 1999 di Pulau Formosa, waktu masuk ke tanah air berupa 5 bibit cangkokan . Dari jumlah itu bibit dikembangbiakkan hingga kini mencapai 1.500 tanaman.

2 Balas ke “Jambu Kristal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *