Bisbul

Rp75,000.00

Deskripsi

Bisbul merupakan buah yang cukup asing sekali namanya di Indonesia. Bisbul sendiri biasa juga disebut dengan buah mentega. Buah ini hampir sama halnya dengan buah seperti kesemek. Bukan hanya sebutannya buah mentega saja, buah ini juga memiliki sebutan dengan nama buah lemak, velvet apple, kamagong dan marit.

Kandungan Vitamin

Buah ini memiliki banyak manfaat sekali bagi kesehatan tubuh dengan banyak kandungan gizinya. Berbicara tentang kandungan yang tersedia pada buah ini sangatlah banyak sekali, kandungan yang ada pada buah ini seperti vitamin A, C, protein, karbohidrat, lemak, serat, kalsium,fosfor, zat besi, tiamin dan riboflavin. Kandungan tersebut sangatlah baik sekali bagi tubuh dan dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Batang Lurus

Bisbul merupakan tanaman pohon yang tingginya dapat mencapai 30 meter, meskipun seringnya hanya berkisar 15an meter. Pohon bisbul memiliki batang yang lurus dengan pepagan berwarna kehitaman, sehingga pohon ini sering disebut sebagai pohon arang. Diameter pangkalnya dapat mencapai 50 cm, dengan tajuk pohon yang hampir semuanya berbentuk kerucut dan cabangnya tumbuh mendatar. Kayunya memiliki tekstur yang halus, kuat, dan keras, sehingga kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Pohon bisbul tahan terhadap badai, tidak mudah roboh.

Daun buah bisbul berbentuk lonjong dan rata pada tepinya. Daunnya bundar pada pangkalnya dan hampir lancip pada ujungnya. Daun tumbuh lebat dan berseling. Permukaan atas daun halus dan berwarna hijau mengkilat sedangkan permukaan bawah dauh berbulu halus berwarna keperakan. Daun muda berwarna hijau pucat sampai merah muda.

Daging Buah Putih

Bisbul merupakan tanaman berbunga dua. Bunga muncul di ketiak daun. Buahnya merupakan kelompok buni, berbentuk bulat atau bulat gepeng. Kulit buahnya berbulu, berwarna coklat kemerahan dan berubah menjadi agak kusam ketika buah sudah masak. Daging buahnya berwarna putih dan bertekstur kering sehingga dapat diiris-iris. Rasanya manis dan memiliki aroma yang harum.

Dapat Tumbuh Di Pot

Pohon bisbul dapat tumbuh baik pada dataran rendah hingga ketinggian 800 mdpl. Tanaman ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Setelah tumbuh, tanaman ini hampir tidak memerlukan perawatan apapun. Pemangkasan dilakukan pada cabang yang tumpang tindih atau pada batang yang menyentuh tanah. Pohon ini sangat mudah dibudidayakan. Dapat ditanam langsung di tanah maupun dijadikan Tabulampot ( tanaman buah dalam pot )

Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Bisbul”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *