Jambu Air Dalhari

Rp75,000.00

Deskripsi

Jambu air dalhari yang memiliki nama latin syzygium samarangense ini memiliki beberapa keunggulan. Dengan warna yang menarik beserta daging buah berwarna merah hati yang sangat cantik sekali, dagingnya tebal dengan tekstur yang renyah. Selain itu, jambu air ini menghasilkan rasa yang sangat manis, dan sangat jarang ada bijinya. Jambu air yang berasal dari daerah Jogjakarta ini memang sangat Β terkenal akan tekstur buahnya yang kenyal dan memiliki rasa manis yang segar ditengorokan. Tidak heran jika jambu air dalhari ini masuk kedalam jajaran jambu varietas unggul di Indonesia.

Perawatan tanaman jambu dalhari tergolong mudah, sama dengan perawatan jenis jambu air pada umumnya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga ketinggian sampai 700 m dpl. Tanaman buah ini mulai masa produksi pada umur 3-5 tahun dari penanaman. Buah yang dihasilkan berbentuk bulat. Karakteristik pohonnya seperti jambu air lain, memiliki batang bulat berwarna cokelat kehitaman dengan daun berwarna hijau dan terdiri dari banyak cabang. Tanaman buah jambu air dalhari termasuk tanaman yang bersifat genjah (mudah berbuah). Setiap pohon jambu dalhari mampu memrproduksi 100-200 kg buah setiap musimnya ketika berusia 3-4 tahun. Pada saat menginjak usia 6 tahun, setiap pohon mampu memproduksi 500-600 kg setiap musimnya. Biasanya masa panen jambu air dalhari adalah bulan juli sampai September dan puncaknya pada bulan Agustus. Jambu air dalhari dapat tumbuh optimal di dataran dengan ketinggian sampai 700 mdpl. Jambu air dalhari dapat tumbuh optimal dengan suplai air yang cukup namun jangan sampai berlebihan, saat musim hujan perlu diantisipasi agar tidak tergenang karena kalau kualitas buah akan menurun baik dari segi rasa maupun ketahanannya.

Tanaman ini Β bisa ditanam dilahan maupun di dalam pot. Dengan tabulampot, tanaman jadi mudah dipindah-pindah. Penampilannya yang sedang berbuah lebat pun menjadi istimewa. Jambu air dalhari relatif mudah dibuahkan di dalam pot. Pekebun jambu dalhari menggunakan media tanam berupa campuran tanah, kompos, dan kotoran kambing dengan perbandingan 1:2:1. Media tanam harus porous. Sebagai sumber nutrisi, dapat ditambahkan pupuk kompos berupa daun dan ranting dari kebun yang dikomposkan dalam lubang di tanah hingga lapuk dan berwarna kehitaman.

Ulasan

Belum ada review.

Be the first to review “Jambu Air Dalhari”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *