Budidaya jambu kristal didalam pot (Tabulampot) merupakan alternatif yang bisa dilakukan untuk mengembangbiakkan jambu kristal. Metode penanaman jambu biji jenis jambu kristal ini sebenarnya ada banyak, salah satu cara paling mudah dan membuahkan hasil yang maksimal adalah dengan menanamnya didalam pot. Kenapa memilih menanam jambu kristal dalam pot? Salah satu keunggulan budidaya jambu kristal dalam pot adalah untuk meningkatkan kualitas buah jambu. Karena menanam jambu didalam pot akan membuat tanaman mendapatkan pasokan nutrisi yang banyak. Jambu kristal ini sendiri adalah salah satu varietas dari sekian banyak jambu yang dapat dibudidayakan.

Untuk membudidayakan jambu kristal didalam pot ini anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti pot atau bisa juga bak mandi yang berukuran besar, atau bekas drum minyak yang dipotong menjadi dua bagian. Kemudian anda juga harus memiliki bibit jambu kristal yang unggul

Cara Budidaya Jambu Biji Kristal dalam Pot

Tanaman jambu kristal termasuk tanaman untuk daerah tropis, namun dapat juga tumbuh pada daerah sub-tropis yang memiliki intensitas curah hujan antara 1000-2000 mm/tahun.

Suhu yang dibutuhkan tanaman jambu kristal agar dapat tumbuh, berkembang dan berbuah dengan optimal adalah sekitar 23-28°C pada siang harinya. Selain itu penyinaran matahari juga harus diperhatikan, karena jika tanaman jambu kristal ini kekurangan sinar matahari akan menyebabkan tanaman menjadi kurang sempurna dalam pertumbuhan (kerdil).

Kelembaban udara harus rendah pada sekeliling tanaman, karena jika udara mempunyai kelembaban yang cukup rendah, karena kondisi ini sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman jambu kristal ini.

1. Tahap Pemilihan bibit

Untuk tahap ini anda bisa menentukan sendiri, bibit mana yang akan anda gunakan. Bisa menggunakan bibit dari hasil cangkok dan stek, kemudian bisa juga anda gunakan bibit yang berasal dari biji langsung. Sebaiknya anda gunakan bibit hasil dari cangkok atau stek karena jelas kualitasnya, lebih-lebih anda tahu seluk beluk tanaman jambu kristal tersebut. Jika tidak mau repot mencangkok, sekarang sudah banyak orang yang menjual bibit hasil cangkok, jadi anda bisa membelinya langsung.

2. Siapkan Media

Media yang kita gunakan adalah pot, atau drum bekas minyak yang sudah dibelah dua. Kemudian anda isikan dengan tanah yang dicampur sekam padi dan kotoran kambing. Untuk perbandingannya adalah 1 bagian sekam padi dan 1 bagian kotoran kambing, kemudian 1 bagian tanah. Isi pot tersebut dengan ketiga bahan diatas. Untuk kotoran kambing sebaiknya jangan anda gunakan yang masih basah agar tidak panas dan menyebabkan tanaman mati.

3. Tahap Menanam Jambu Kristal

Setelah semua bahan siap, sekarang saatnya anda tanamkan bibit jambu kristal didalam pot, karena menanam jambu kristal ini sama saja dengan menanam tanaman lainnya.

4. Perawatan

Setelah bibit ditanam, maka anda harus merawat tanaman jambu kristal dengan baik, beri pupuk tambahan, sirami setiap pagi dan sore hari, atur suhu tanaman agar terkena cahaya matahari secara maksimal, kendalikan hama penyakit. Jika perlu lakukan penyemprotan hama penyakit.

2 Balas ke “Tabulampot Jambu Kristal”

  • Selamat siang mas…mau tanya kalau jambu kristal mana yang bagus dari stek apa dari cangkok yg duluan berBuah yg mana kalau harga cangkok dan stek yg hampir berbuah ada mas….kalau ada berapa harganya oh..ya..kalau bisa sekalian fotonya saya mau ambil kira 20 bibit saya dari palembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *